Cara Mengetahui Jika Ponsel Anda Dilacak?

Oleh:   Hermawan Susanto Hermawan Susanto   |   2/26/2018 02:57:00 PM
Pertanyaan ini muncul beberapa kali karena masalah privasi terkait dengan aplikasi pelacakan telepon . Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, penting bagi siapa saja yang memiliki aplikasi pelacakan yang berjalan pada perangkat seluler mereka diberitahu dengan benar.

Meskipun ada banyak alasan yang sah untuk ingin melacak teman atau anggota keluarga, mungkin ilegal di beberapa tempat untuk memasang aplikasi semacam itu tanpa persetujuan.

Bagaimana Anda tahu apakah smartphone Anda dilacak tanpa seizin Anda?

Jawaban untuk pertanyaan ini bukan hitam dan putih tapi ada beberapa cara yang cukup andal untuk mendeteksi aktivitas yang tidak biasa pada perangkat mobile Anda. Mulailah dengan mencari tanda-tanda ini:

1. Abnormal Battery Drain - Beberapa perangkat mobile memiliki masa pakai baterai lebih baik daripada yang lain tapi begitu Anda telah memiliki telepon Anda selama beberapa bulan, Anda harus memiliki ide bagus tentang berapa lama tagihan tunggal harus bertahan berdasarkan penggunaan normal Anda. Perangkat lunak pelacakan lokasi akan mengkonsumsi daya ekstra dengan mengirimkan data lokasi secara berkala bolak-balik dari perangkat. Jika Anda memperhatikan bahwa rentang hidup baterai Anda sangat rendah, Anda mungkin ingin melakukan penggalian kecil untuk mencari tahu mengapa.

2. Penggunaan Data - Sebagian besar penyedia layanan data nirkabel menawarkan beberapa bentuk statistik online mengenai berapa banyak transfer data yang digunakan setiap bulan. Jika Anda masuk ke akun dengan operator selular, Anda dapat melihat berapa banyak informasi yang ditransfer dalam setiap siklus penagihan. Carilah lonjakan yang mencurigakan dalam penggunaan data Anda yang mempertahankan dirinya selama periode yang panjang. Lonjakan satu hari mungkin tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda melihat kenaikan mendadak 25% atau lebih dan itu tidak sesuai dengan kebiasaan browsing online Anda, itu mungkin sebuah tanda peringatan.
3. Instal Aplikasi Pemantauan Sistem - Aplikasi ini tersedia untuk Android, Blackberry, dan iPhone dan akan memberi Anda gambaran seketika setiap aplikasi dan proses yang berjalan pada perangkat Anda, meskipun berjalan di latar belakang. Mereka akan memungkinkan Anda mengakhiri proses yang menggunakan sumber daya sistem dan mematikannya hanya dengan mengklik tombol "tugas akhir".

Hati-hati dengan aplikasi pelacakan siluman yang mungkin memiliki nama yang tidak memberikan deskripsi yang tepat tentang apa sebenarnya aplikasi itu. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui aplikasi apa yang biasanya dijalankan di telepon Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak sengaja Anda instal, hentikan segera dan jalankan pencarian Google untuk mengetahui nama program ini untuk mengetahui apa itu.

Ini semua adalah tanda peringatan yang bagus yang mungkin mengingatkan Anda akan masalah dengan ponsel Anda (atau tablet) namun cara terbaik mencegah aplikasi pelacakan agar tidak dipasang adalah selalu menjaga perangkat Anda. Selalu pastikan perangkat Anda dalam penglihatan dan pastikan kata sandi melindungi antarmuka pengguna Anda. Ubah kata sandi Anda setidaknya setiap tiga hari untuk mendapatkan keamanan ekstra dan pastikan untuk menghindari berbagi informasi akses Anda dengan siapa pun.

Jika Anda masih ragu atau yakin seseorang mungkin melacak Anda tanpa izin Anda, buka bagian pengaturan telepon Anda dan nonaktifkan GPS sampai Anda 100% yakin bahwa tidak ada aplikasi yang tidak diinginkan yang berjalan pada perangkat Anda.


Tampilkan Komentar