Cara Mengatur dan Menggunakan Profil Bisnis WhatsApp

Oleh:   Hermawan Susanto Hermawan Susanto   |   2/25/2018 03:48:00 AM
Platform pesan populer WhatsApp telah mengumumkan aplikasi standalone untuk bisnis yang dikenal dengan WhatsApp Business. Beberapa hari setelah peluncuran globalnya, aplikasi kini tersedia untuk diunduh bagi pengguna Android di India. Ini bebas untuk menggunakan dan memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan cara yang efektif menggunakan aplikasi perpesanan.

Aplikasi Bisnis WhatsApp yang baru adalah versi khusus aplikasi perpesanan untuk bisnis kecil dan menengah dan pengguna memerlukan nomor khusus untuk menggunakan ini. Aplikasi ini menawarkan semua fitur WhatsApp biasa dan juga menambahkan beberapa fitur tambahan untuknya. Jadi, mari kita lihat bagaimana membuat profil Bisnis WhatsApp Anda dan melihat fitur aplikasinya.

Bisnis WhatsApp: Cara mendaftar

Pertama-tama, download aplikasi Bisnis WhatsApp dari Play Store. Sekarang, setelah menginstal, buka aplikasi dan lakukan proses penyiapan awal yang mencakup memasukkan dan memverifikasi nomor telepon Anda melalui OTP.

Selanjutnya, Anda perlu memasukkan nama bisnis Anda, yang bisa menjadi nama perusahaan atau organisasi Anda. Anda harus mencatat bahwa Anda tidak dapat mengubah nama bisnis Anda setelah dibuat. Jadi, saat Anda memasukkan namanya, itu harus menjadi yang terakhir.
Setelah profil disiapkan, Anda akan dibawa ke beranda aplikasi. Homepage ini mirip dengan aplikasi biasa dimana Anda memiliki akses cepat ke shortcut kamera di sebelah kiri, tiga tab - obrolan, status dan panggilan di atas. Di pojok kanan atas, ada tombol menu tiga titik dan di bagian bawah, Anda memiliki ikon untuk memulai obrolan.
Cara mengatur Profil Bisnis WhatsApp

Salah satu fitur menarik dari WhatsApp Business adalah Anda dapat membuat profil bisnis dan menambahkan rincian bisnis Anda. Untuk menyiapkan profil Bisnis, ketuk pertama pada menu tiga titik di kanan atas, lalu ketuk pada 'Settings' dan 'Business setting'.

Sekarang, pilihan pertama adalah pengaturan profil di mana Anda dapat mengatur tampilan gambar dan alamat bisnis Anda. Anda juga dapat menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps sehingga memudahkan pelanggan untuk hanya menyentuh peta dan menavigasi ke lokasi Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memilih kategori untuk bisnis Anda di antara pilihan yang diberikan seperti otomotif, pakaian, keuangan, restoran dan transportasi dll. Anda juga dapat menambahkan deskripsi bisnis dan menggambarkan bisnis Anda. Anda juga dapat menambahkan hari kerja dan jam kerja untuk bisnis Anda. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan alamat email bisnis Anda, dan juga situs web.

Setelah semua detail yang disebutkan di atas ditambahkan, ketuk simpan di pojok kanan atas. Bagian selanjutnya dalam Profil Bisnis adalah statistik, di mana Anda dapat melihat statistik seperti jumlah pesan yang Anda kirim dan terima, yang dikirimkan, dan yang dibaca oleh pengguna Anda. Pilihan berikutnya adalah alat Messaging.

Alat Perpesanan untuk Bisnis WhatsApp

Fitur lain yang menarik dan berguna yang hadir dengan WhatsApp Business adalah pilihan alat olahpesan. Bisa diakses dari setting bisnis seperti yang disebutkan. Anda akan melihat tiga pilihan di sini-Away message, Greeting message, dan Quick replies.

Pesan pergi digunakan saat Anda pergi, yaitu jam kerja Anda sudah berakhir. Pelanggan dapat menghubungi Anda di luar jam kerja yang Anda tentukan di dalam pengaturan. Anda juga dapat mengatur agar pesan yang disesuaikan agar selalu terkirim saat pelanggan mencoba menghubungi dalam jam-jam ganjil.

Pilihan kedua adalah pesan Ucapan yang dapat digunakan untuk menyambut pelanggan saat mereka menghubungi Anda untuk pertama kalinya. Saat mereka mengirim pesan untuk pertama kalinya, pesan ucapan akan dikirimkan secara otomatis yang juga dapat Anda sesuaikan. Pesan juga akan dikirim jika ada 14 hari ketidakaktifan antara Anda dan pelanggan.

Terakhir, ada 'quick replies' pilihan yang bisa memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya, Anda bisa mendefinisikan 'ucapan terima kasih' sebagai jawaban cepat alih-alih mengetik "Terima kasih atas minat Anda".

Terlepas dari semua fitur ini, semua fitur lain dari WhatsApp Business serupa dengan aplikasi biasa. Seperti, Anda dapat menyembunyikan gambar dan status profil terakhir yang terlihat dari semua orang, atau dari orang-orang dalam daftar kontak Anda. Apalagi, semua obrolan juga end-to-end dienkripsi. Anda juga bisa mengganti nomor telepon Anda, dan menghapus akun Anda juga.

Jadi, aplikasi Bisnis WhatsApp terlihat cukup menarik dan bisa sangat berguna bagi pengguna yang memiliki bisnis kecil atau menengah dan harus sering menghubungi pelanggan mereka.

Tampilkan Komentar