Cara Melindungi Akun Apple iCloud dari Hacker

Oleh:   Hermawan Susanto Hermawan Susanto   |   2/25/2018 02:18:00 AM
Sebuah kelompok hacker yang berbasis di London menyebut dirinya sebagai "Keluarga Kejahatan Turki" baru-baru ini mengklaim telah meretas akun sekitar 250 juta akun Apple iCloud dan jika itu benar, itu adalah jumlah yang sangat besar dan masalah yang lebih besar bukan hanya kerentanan untuk informasi akun Anda untuk keluar, tapi juga agar data menjadi tidak aman dan kelompok tersebut menuntut uang tebusan agar tidak melakukan kesalahan.

Tapi, ketika seorang hacker bisa masuk ke akun Anda dan pergi ke tingkat tertentu untuk menuntut uang tebusan, dapatkah Anda mempercayai mereka untuk tidak melakukan apa-apa setelah itu? Sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah penting yang memastikan akun Apple iCloud Anda aman dan terlindungi dari hacker di masa mendatang.

Cadangan Data Anda yang rentan
Sungguh ironis untuk membaca ini karena akun iCloud Anda khusus untuk mencadangkan data iPhone Anda, namun di sini, kami meminta Anda untuk membackup data ke sumber lain juga. Siapa tahu, pada titik tertentu, data iCloud bisa hilang. Cara mudah dan andal adalah backup iTunes.

Ini adalah backup lokal ke komputer Anda sehingga lebih aman. Untuk melakukannya, hubungkan perangkat Anda ke Windows atau Mac PC dan kemudian buka iTunes. Buka menu perangkat di iTunes dan kemudian, Anda akan menemukan Ringkasan di kolom kiri.
Di sini, pilih Backup. Akan ada dua cara untuk mendapatkan backup yang dilakukan. Backup otomatis, atau backup Manual. Jika Anda memilih Otomatis, setiap kali perangkat terhubung ke PC dan iTunes dibuka, pencadangan dimulai secara otomatis.

Salah satu kekurangan untuk metode ini adalah bahwa semuanya selaras dengan iCloud, jadi tidak semuanya akan dicadangkan. Tapi untuk apapun yang bisa Anda hemat, lakukan backup manual seminggu sekali.

Ubah dan dapatkan kata sandi yang aman
Apple belum bersikap proaktif dengan perubahan kata sandi, karena tidak seperti layanan lainnya, Apple seharusnya sudah meminta pengguna untuk mengubah kata sandi akun mereka jika dikompromikan juga.

Tapi, jika khawatir data Anda bocor, Anda harus mengganti kata sandi akun iCloud Anda. Itu sama seperti akun Apple Anda, dan Anda harus mengatur ulangnya. Untuk melakukan itu, pergi ke appleid.apple.com dimana anda akan diminta masuk ke akun Apple. Masukkan ID akun dan kata sandi anda dan kemudian, anda bisa mereset password disana.

Kami tahu bahwa menggunakan kata kunci yang mudah memudahkan Anda mengingatnya dan tidak perlu khawatir menyetel ulang nanti jika Anda lupa akan hal itu, namun di sini, kata kunci yang paling mudah adalah cara termudah untuk memecahkan siapa saja, terutama para hacker. Anda harus memiliki kata kunci yang lebih kuat yang bukan hanya abjad tapi kombinasi huruf besar, huruf, huruf kecil, dan huruf besar dan mungkin tidak sama dengan kata kunci terbaru yang Anda gunakan untuk akun Apple.

Langkah tambahan - Otentikasi dua faktor
Dua faktor otentikasi adalah langkah ekstra keamanan yang dapat Anda aktifkan jika Anda merasa bahwa akun Anda masuk ke perangkat baru, seharusnya ada langkah ekstra, seperti verifikasi yang dikirim ke telepon Anda.

Pada dasarnya, Apple akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon terpercaya Anda kapan pun Anda mencoba masuk ke ID Apple Anda di perangkat baru yang tidak terdaftar. Bayangkan seseorang mendapatkan kredensial akun Anda melalui data bocoran para hacker tersebut, dan mereka mencoba masuk ke akun Anda. Dengan 2FA diaktifkan, Anda akan aman karena kode tersebut masuk ke nomor Anda dan orang tersebut tidak dapat masuk sepenuhnya.

Kami akan menyiapkan panduan untuk belajar tentang cara mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk akun Anda dan mengaktifkannya di perangkat tepercaya, namun jika Anda terburu-buru melakukannya, Anda akan menemukan opsi untuk itu. bagian keamanan setelah Anda masuk ke akun Apple.

Untuk saat ini, ketiga langkah ini sudah cukup dan masing-masing berkontribusi baik terhadap keamanan akun Anda, terutama saat Apple tidak dapat berbuat banyak dan keamanan akun Anda dan datanya ada di tangan Anda.

Tampilkan Komentar