Cara Berbagi Password (Sandi) Wifi dengan Kode QR di HP Xiaomi

Oleh:   Hermawan Susanto Hermawan Susanto   |   2/21/2018 03:42:00 PM
Bagaimana sih cara membagikan password atau kata sandi Wifi menggunakan scan kode QR atau barcode melalui smartphone android Xiaomi? Jika kamu ingin saling berbagi password wifi dengan teman nongkrong Anda yang menggunakan hp Xiaomi, maka kamu tidak perlu repot dan susah-susah harus memberitahukan sandinya berapa lalu kemudian di ketik ulang, karena sekarang Xiaomi sudah melengkapi MIUI dengan fitur Share Password Wifi dari ponsel Xiaomi satu ke ponsel Xiaomi yang lain menggunakan scan barcode.

Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika lupa dengan password wifi tinggal scan aja punya teman kamu yang sudah terhubung atau connect ke wifi duluan. Atau ketika kita ngopi di warkop yang ada wifinya, namun wifinya harus bayar Rp. 3000/orang misalnya. Jika kamu datang  dengan 3 orang, maka 3x3000 = 9000. Ini bisa kita akali dengan menggunakan fitur ini, jadi cukup satu orang saja yang beli password wifi, nanti setelah terhubung tinggal di share ke teman-teman Anda yang lain, karena berbagi itu indah hehe.

Dan berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk berbagi password wifi menggunakan fitur scan kode QR pada hp Xiaomi.

Pada tutorial ini saya menggunakan Hp Xiaomi Redmi Note 5A Prime dan Xiaomi Redmi 4X.
Baca Juga :
Dalam kasus ini Hp Xiaomi Redmi Note 5A Prime sudah terhubung dengan jaringan Wifi dan sudah bisa mengakses internet. Sedangkan Hp satunya (Xiaomi Redmi 4X) belum nyambung wifi.

Maka saya akan membagikan password wifi dari hp Xiaomi Redmi Note 5A Prime ke Xiaomi Redmi 4X.
Langkah-langkah pada HP yang sudah tersambung dengan wifi (Xiaomi Redmi Note 5A Prime) :
  1. Buka Setelan atau Pengaturan (Settings)
  2. Pilih Wifi untuk pengaturan Wifi
  3. Lihat, Anda sudah terhubung dengan wifi, dan ada keterangan "ketuk untuk berbagi sandi" silahkan ketuk nama akses poin wifi tersebut.
  4. Maka barcode kode QR akan terbuka yang nantinya akan di scan menghunakan hp yg lain.
Setelah ini kode telah siap untuk di bagikan dengan hp yg lain dan sekarang silahkan buka pemindai pada hp lain yang ingin di hubungkan ke wifi melalui scan kode QR.
Langkah-langkah pada Hp yang belum tersambung dengan wifi (Xiaomi Redmi Note 4X) :
  1. Buka Group aplikasi, kemudian pilih Pemindai(Scan).
  2. Setelah alat pemindai terbuka, sekarang arahkan kamera kotak scan barcode ke kode QR yang tadi (di Hp Xiaomi Redmi Note 5A Prime).
  3. Jika telah berhasil, maka nama wifi (SSID), Password, beserta jenis keamanan WPA akan terlihat. Kemudian klik pada "Hubungkan ke jaringan ini (Connect to this Network) untuk menghubungkannya.
  4. Selesai!dengan demikian maka secara otomatis smartphone kamu akan terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut dan kamu tidak perlu repot-repot mencari nama wifi nya apa dan passwordnya apa karena kita hanya perlu menggunakan alat pemindai atau scan barcode untuk melakukannya.
Inilah cara terbaru dan paling mudah untuk berbagi (share) jaringan Wifi tanpa memberitahu dan memberikan password ke teman Anda. Namun saya masih belum tahu apakah sudah ada aplikasi lain yang bisa di gunakan seperti fitur yang terdapat pada perangkat Xiaomi ini.

Itulah informasi seputar bagaimana cara berbagi jaringan wifi ke teman tanpa memberikan password dengan menggunakan scan barcode dan jika masih bingun dan belum mengerti atau punta pertanyaan serta sanggahan lain, atau bahkan ada yang perlu di tambahkan, silahkan berikan semuanya melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar